Day 3 #30DayWritingChallenge

Write about the things or activities that make you happy

@journalless_

Saya bersyukur pertanyaan ini hanya memuat satu jawaban, karena kalau list mungkin tulisan ini akan berakhir dengan ribuan kata, yang percuma juga, saya bukan artis yang bisa bikin orang lain penasaran dengan hal-hal apa yang saya senangi.

Banyak hal yang bisa membuat saya bahagia, dari hal sesederhana dan sepele seperti liat barang-barang di rumah nggak berantakan pun itu udah bagian kecil dari banyaknya hal yang bisa bikin saya bahagia, karena kalau nggak berantakan, saya yang seharian bergumul dengan aktivitas kerja dan kuliah ini nggak usah capek-capek lagi beres-beres, dan cuma rebahan aja, rasanya hidup ini begitu membahagiakan. Tapi, satu aja jawaban yang akan secara langsung muncul di otak saya ketika mendengar pertanyaan ini adalah: jalan-jalan dimalam hari.

Iya, Aneh nggak? Pemandang kota dimalam hari itu indah banget loh, saya sering ngejulukinnya dengan Bintang Bumi. Kalah deh sama pemandangan sunset atau sunrise yang sering kamu lihat dan dijadikan status dengan quote indie itu.

Padahal kalau dipikir-pikir juga saya jarang untuk pergi main atau jalan-jalan malem, entah itu mengelilingi jalanan kota pake sepeda motor, atau jalan kaki. Tapi, ketika sekalinya ngelakuin itu rasanya happy banget, saya suka ngeliatin jalan, ngeliatin suasana di daerah yang berbeda, ngeliatin lampu-lampu yang warnanya berbeda pula, mereka nggak pernah sekalipun terlihat monoton, selalu cerah, lampu kendaraan, lampu jalan, lampu rumah. Rasanya seperti ada sesuatu yang cerah, hangat dan berwarna bisa masuk ke dalam pikiran dan kehidupan saya meskipun hanya sesaat, dan itu rasanya lega banget, saya ngerasa nggak sendirian walau nyatanya ketika jalan-jalan saya sendirian.

Sejenak saya bisa tenang dan nggak memikirkan apapun, dengan semilir angin dingin menembus lapisan baju yang saya gunakan, tapi itu malah menambah kesan yang membahagiakan. Tapi awas jangan sampai masuk angin kata orang-orang yang baca tulisan ini. Kota yang masih hidup meskipun sudah malam, orang-orang yang sibuk seperti nggak ada lagi hari esok, mereka yang masih mencari nafkah dimalam hari, terlihat jelas oleh saya.

Membuat saya bisa mengerti kembali keadaan hidup yang sebenarnya.

Begitu sih kira-kira kalau mau ditulis secara puitis.

Dan ternyata, saya nggak perlu muluk-muluk untuk ngerasa bahagia, dengan melihat pemandangan kota yang cerah oleh warna lampu aja bisa bikin saya ngerasa lega dan happy gini, diperjalanan pulang sambil bertanya, “Apa lagi yang selanjutnya mau kamu lakukan?”.


Tulisan ini dibuat untuk meningkatkan kembali konsistensi saya dalam menulis, karena dua bulan lamanya nggak menulis apa-apa, males berkedok nggak dapet inspirasi. Bagi orang yang bisa melawan rasa malasnya mungkin saya bakal kena semprot karena nyalahin inspirasi bagi kesalahan sendiri. Ok 30 Days Writing Challenge.